Suku Bunga KUR Dipangkas

Suku Bunga KUR Dipangkas

PEMERINTAH dalam empat tahun terakhir terus memangkas suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari yang awalnya 22 persen menjadi tujuh persen. Selain suku bunga KUR, pemerintah juga menurunkan Pajak Penghasilan (PPh) final bagi UMKM dari satu persen menjadi 0,5 persen.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (16/8), hal itu dilakukan agar UMKM dapat lebih cepat naik kelas, sehingga yang kecil menjadi menengah, yang menengah menjadi besar, menjadi pengusaha-pengusaha nasional yang kuat dan tangguh.

Selain itu, Presiden mengatakan bagi usaha ultra mikro dan sekaligus sebagai pemberdayaan ekonomi ummat, Pemerintah menggencarkan pembentukan lembaga keuangan Bank Wakaf Mikro.

“Sebagai salah satu solusi yang diperlukan, untuk mendukung usaha produktif yang dilakukan ummat dan masyarakat bawah. Pemerintah juga melakukan revitalisasi pasar-pasar rakyat agar bisa bersaing dengan pasar-pasar modern dan menjadi wadah bagi UMKM dalam menggerakkan ekonomi lokal,” ujarnya dalam pidato kenegaraan di hadapan MPR/DPR.

Ia menambahkan, pemerintah melakukan berbagai langkah terobosan untuk memastikan terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Salah satu wujud keadilan adalah program BBM Satu Harga sehingga masyarakat yang berada di pegunungan Papua, di pulau-pulau terdepan, di kawasan perbatasan, tidak membeli BBM lebih mahal beberapa kali lipat dibanding masyarakat yang ada di Pulau Jawa.

kabar9
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *