Kaum Hawa di Lingkaran Pilwakot Tangsel

Kaum Hawa di Lingkaran Pilwakot Tangsel

JUMLAH penduduk perempuan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tergolong besar. Data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip dari laman bps.go.id menyebutkan ada 638.041 jiwa atau 49.55 persen dari jumlah penduduk Tangsel. Jumlah ini kemungkinan bertambah seiring berjalannya waktu.

Tahun depan, Tangsel kembali menggelar hajatan pesta demokrasi lima tahunan (pilwakot). Ada yang menarik dan perlu diapresiasi pada setiap hajatan tersebut. Yakni munculnya perempuan-perempuan tangguh tampil sebagai peserta. Setidaknya sudah ada tujuh nama yang mewarnai kontestasi pilkada di Tangsel.

Pada 2010 silam, muncul nama Airin Rahmi Diany dan Rhodiyah Najibah.Kala itu Airin berpasangan dengan Benyamin Davnie diusung sembilan partai, yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, PDIP, PKS, PAN, PDS, PKB, PPDI, PKPI. Airin-Benyamin unggul tipis dari pasangan Arsid-Andre Taulany PPP, PBB, Hanura dan Gerindra dengan perolehan suara 45,83 persen. Sementara Rhodiyah Najibah yang menggunakan jalur independen hanya mengantongi suara 2,21 persen saja..

Pada 2015 lebih menarik lagi. Dari tiga pasangan calon terdapat tiga pula kandidat perempuan, yakni: Airin Rahmi Diany sang petahana kembali berpasangan lagi Benyamin Davnie, nama kedua yaitu Elvier Ariadiannie Soedarto Poetri mendampingi  Arsid, nama ketiga Li Claudia Chandra yang berpasangan dengan Ichsan Modjo. Airin kembali memenangkan pertarungan dengan raihan suara sebesar 59,62 persen.

Kini, kaum hawa juga mewarnai pilkada Tangsel 2020. Setidaknya sudah ada dua nama; Pertama adalah Siti Nur Azizah Ma’ruf yang tak lain putri dari wapres terpilih KH Ma’ruf Amin. Kedua adalah istri dari Sandiaga Solahudin Uno, Nur Asia Uno. Keduanya di banyak media telah menyampaikan kesiapannya untuk masuk dalam bursa bakal calon walikota Tangsel.

Dua figur perempuan ini akan berhadapan dengan banyak tokoh, seperti Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Sekda Tangsel Muhammad, Suhendar yang merupakan akademisi dari Universitas Pamulang (Unpam), dan yang terbaru adalah Aldrin Ramadian yang merupakan adik kandung Airin.

Banyak pihak yang memprediksi pergelaran pesta demokrasi lima tahunan di Tangsel kali ini sangat menarik diikuti. Pasalnya, banyaknya kandidat yang muncul. Pertanyaannya kemudian, akankah dua srikandi tersebut mengikuti jejak Airin, merebut kepemimpinan di Tangsel. Kita tunggu saja.

Penulis: Septian Arief Budiman, Dosen di Universitas Pamulang.

Foto: Cek and Ricek

kabar9
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *